Mulai mendesain logo Anda

Menggunakan bentuk untuk mendesain logo: Emosi di Balik Lingkaran, Kotak & Lainnya

Diterbitkan: 14/07/2020

Apa yang Anda rasakan ketika Anda melihat sebuah lingkaran? Mengapa persegi tampak begitu mengintimidasi? Bagaimana pola segitiga dapat menghasilkan lebih banyak bisnis?

Desain grafis, dan desain logo secara ekstensi, adalah seni berkomunikasi melalui gambar. Tanpa kata-kata, hal itu memberikan beban berat pada visual — setiap warna, ukuran, dan bentuk yang Anda pilih harus mengatakan sesuatu tentang identitas merek dan gaya bisnis Anda. 

Apakah merek Anda menyenangkan dan kasual atau serius dan kelas atas? Alih-alih menjelaskan diri Anda dengan teks slogan yang mungkin tidak dibaca orang, memilih bentuk yang tepat dapat mengkomunikasikan kepribadian merek Anda lebih cepat dan lebih efektif. Dengan memanfaatkan asosiasi bawah sadar dan reaksi usus, bentuk-bentuk di logo Anda dapat menjelaskan merek Anda lebih baik daripada elevator pitch Anda. 

Tetapi bagaimana Anda bisa mengetahui konotasi emosional dari setiap bentuk kecuali Anda seorang desain grafis? Baca saja panduan ini! Di bawah ini, kami melihat sepuluh bentuk dan gaya pencitraan yang paling umum dan menjelaskan apa artinya pada tingkat bawah sadar. 

 

Lingkaran

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Lingkaran (bersama dengan oval dan bentuk telur) adalah beberapa bentuk yang paling populer dalam desain logo, dan penting untuk memahami ilmu pengetahuan tentang alasannya. Mata manusia secara naluriah mengikuti garis, sebuah konsep yang dimanfaatkan oleh sebagian besar fotografer (dikenal sebagai “leading lines”). Dengan lingkaran, garis itu tidak pernah berakhir, memberi pemirsa rasa kelengkapan atau keterkaitan. 

Itu sesuai dengan maksud dari sebagian besar merek, yang ingin menciptakan rasa kebersamaan dan membuat logo mereka “mengundang ” orang untuk bergabung dengan mereka. Menggunakan lingkaran untuk membingkai seluruh logo Anda melakukan hal ini dengan sempurna — semuanya tampak lebih terpadu, dan pemirsa ’ mata secara alami berkeliling dan berkeliling, menarik mereka masuk. 

Lingkaran juga dapat digunakan pada skala yang lebih kecil, misalnya, pola polkadot di latar belakang. Dengan cara ini, lingkaran dapat menyampaikan keceriaan atau kesenangan — ingatlah bahwa lingkaran membuat mata berputar-putar, seperti tarian, sehingga lingkaran membuat merek terasa lebih kasual dan menyenangkan. 

 


Spiral

 
 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Spiral mempertahankan semua karakteristik lingkaran — khususnya “menarik ” pemirsa — tetapi membawanya ke tingkat berikutnya. Alih-alih santai dan kasual seperti logo lingkaran standar, spiral lebih energik, kadang-kadang sampai pada suatu kesalahan. Dalam kasus-kasus ekstrem, spiral bisa menghipnotis atau bahkan memusingkan, membantu beberapa merek tetapi berbahaya bagi merek lainnya. 

Spiral bekerja paling baik untuk merek yang ingin tampil dinamis dan hidup. Efek memusingkan merusak efek relaksasi, jadi spiral hanya boleh dipilih dengan hati-hati. Merek-merek yang ingin tampil sebagai “santai ” harus menghindarinya. 

 

Segitiga

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Lebih serbaguna daripada bentuk lainnya, segitiga menggambarkan sifat yang berbeda tergantung pada arah mana mereka ’sedang menghadap. Anggaplah mereka sebagai panah dan arahkan mereka ke arah yang paling mewakili merek Anda.

Segitiga yang menghadap ke atas, atau piramida, adalah yang paling umum. Simbol stabilitas arsitektur, piramida memberikan rasa aman, kekuatan, dan daya tahan. Piramida juga menunjukkan kesuksesan dengan menunjuk ke atas, memberikan rasa otoritas; itulah mengapa piramida umum digunakan untuk merek ilmiah, agama, dan hukum.

Segitiga yang menghadap ke kanan menunjukkan bergerak maju, dan menunjukkan kemajuan atau kecepatan. Sebaliknya, segitiga yang menghadap ke kiri menunjukkan bergerak mundur; meskipun tidak umum, segitiga ini bisa jadi cocok untuk merek yang berhubungan dengan sejarah, memori, atau nostalgia. 

Segitiga yang menghadap ke bawah sedikit mengganggu — mereka terlihat seperti bisa terbalik kapan saja. Namun, merek-merek tertentu dapat menggunakan ini untuk keuntungan mereka jika mereka ingin tampil berbeda, aneh, atau esoterik. 

 

Rectangles &; Squares

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Segitiga, termasuk kotak, adalah lambang stabilitas dan mewakili ketabahan dan kekuatan. Namun, hal ini mengorbankan keceriaan dan kesenangan; bentuk persegi panjang cukup hambar, jika tidak membosankan; jadi dengan cara itu mereka adalah kebalikan dari lingkaran.

Biasanya, persegi panjang digunakan sebagai bingkai di sekitar elemen logo lainnya, sering kali hanya nama perusahaan untuk menonjolkan formalitas. Kotak mengambil efek ini sepenuhnya, karena kesetaraan sisi-sisinya menambah konotasi daya tahan (tetapi membuatnya lebih hambar). 

Merek kasual harus menjauhi bentuk empat sisi sebagai pengganti desain yang lebih aneh. Persegi panjang dan kotak bekerja paling baik untuk industri formal, seperti industri hukum atau keuangan, dan dapat membantu melegitimasi perusahaan yang sulit dianggap serius, seperti yang ada di industri ganja yang sedang berkembang.   

 

Kurva, Gelombang, dan Sudut Bulat

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Seperti halnya lingkaran, garis melengkung dan gelombang membuat mata “menari, ” membuat logo tampak lebih menyenangkan dan bebas mewah. Mereka memiliki semangat yang memberikan energi muda pada desain logo, bahkan untuk perusahaan lama dan kuno. 


Keindahan kurva adalah Anda dapat menerapkannya ke dalam desain lain untuk menambahkan tingkat keceriaan. Misalnya, katakanlah Anda memiliki logo berbentuk persegi formal, seperti yang dijelaskan di atas. Jika Anda khawatir menjadi terlalu kaku, Anda bisa melembutkan logo Anda dengan menggunakan sudut bulat, bukan yang runcing. Anda masih mempertahankan sebagian besar konotasi stabilitas dari kotak, tetapi dengan sedikit kekakuan yang lebih sedikit.


Semakin banyak kurva yang Anda tambahkan, semakin menyenangkan desain Anda. Cobalah menambahkannya secara bertahap untuk menemukan keseimbangan sempurna antara profesionalisme dan kesenangan yang sesuai dengan identitas merek Anda. 

 

Sudut dan Titik yang Tajam

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Teknik favorit dari desain logo olahraga terbaik, sudut tajam dan paku tampil sebagai agresif atau bahkan mengancam, sangat cocok untuk merek yang tegang dan tidak ramah di wajah Anda. 


Mengingat bahwa mata secara naluriah mengikuti garis, sudut tajam tampak menggelegar bagi pemirsa, baik atau buruk. Untuk merek yang agresif, hal ini memberikan logo yang berenergi tinggi, nuansa yang menyegarkan, tetapi mereka bisa meresahkan jika merek Anda menginginkan sesuatu yang lebih tenang. 


Gunakan sudut tajam secukupnya, jika tidak, logo Anda bisa menjadi tidak menarik. Sama seperti kurva, Anda dapat menggunakan sudut tajam dalam berbagai derajat untuk menciptakan keseimbangan ideal antara santai dan memberi energi. Dengan kata lain, jika Anda khawatir desain logo Anda terlalu mengantuk, berikan sudut tajam atau paku untuk memberikannya kehidupan.

 

Garis Vertikal

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Meskipun secara teknis bukan bentuk, menggunakan serangkaian garis vertikal yang berulang dapat memanipulasi mata pemirsa untuk menimbulkan reaksi emosional tertentu seperti halnya bentuk.


Karena garis vertikal membuat mata bergerak ke atas dan ke bawah, garis-garis ini dapat digunakan untuk menyampaikan kemakmuran dan kesuksesan, seperti segmen dalam grafik garis. Tergantung pada desainnya, garis-garis itu bahkan bisa tampil sebagai otoriter, seperti jeruji penjara. Banyak logo wordmark — logo yang hanya nama perusahaan — bermain dengan garis vertikal karena mereka cocok secara alami dengan huruf-huruf dalam nama. Misalnya, jika nama perusahaan Anda memiliki banyak huruf L atau Ts, mudah untuk memperluas huruf-huruf itu menjadi sesuatu yang lebih artistik tanpa mencuri perhatian dari nama itu sendiri. 

 

Garis Horizontal

 

Bagaimana menamai bisnis Anda

 

Seperti garis vertikal, garis horizontal yang diulang-ulang juga menciptakan konotasi emosional seperti sebuah bentuk. Namun, perbedaannya adalah bahwa alih-alih mewakili kesuksesan dan kemakmuran, garis horizontal mewakili keseimbangan dan status quo. Seperti cakrawala bumi, garis-garis ini menenangkan pemirsa dan meyakinkan mereka bahwa semuanya sejajar.


Garis horizontal bekerja paling baik untuk perusahaan yang ingin tampil membumi. Ini adalah visual yang menghibur, meskipun sedikit di sisi yang membosankan. Merek yang menyenangkan dan berjiwa muda dapat memilih sesuatu yang lebih dinamis, tetapi merek yang menawarkan sesuatu yang baru atau eksperimental dapat menggunakan garis horizontal untuk meredakan ketakutan pelanggan dan menormalkan diri mereka sendiri.

 

Bentuk Abstrak dan Non-dasar

 

Bagaimana menamai bisnis Anda


Ada banyak sekali bentuk yang tak terbatas. Anda dapat menggabungkan bentuk-bentuk yang sudah ada sebelumnya untuk membuat bentuk baru, menambahkan sejumlah sisi, dan memodifikasi apa yang sudah ada untuk melakukan hal-hal baru. Dengan kata lain, Anda dapat menciptakan bentuk baru untuk merek Anda, dan itu tidak masalah. 

Ketika berurusan dengan bentuk-bentuk non-dasar, yang terbaik adalah memecahnya menjadi elemen-elemen penting mereka: garis lurus, kurva, tepi tajam, tepi bulat, gelombang, dll., Serta arah mana yang akan mereka tuju. Kami telah membahas konotasi emosional dari masing-masing elemen ini, jadi pada dasarnya Anda dapat membuat dan menyesuaikannya sendiri dengan menggunakan blok-blok bangunan ini. 

Misalnya, Anda bisa memiliki stabilitas dan formalisme logo persegi panjang, tetapi tambahkan paku-paku raksasa yang menjorok keluar di sudut-sudutnya untuk membuatnya lebih dinamis dan menarik perhatian. Jangan takut untuk berkreasi. 

Setiap identitas merek itu unik dengan tujuan dan perhatian khususnya sendiri, belum lagi target audiens khususnya sendiri. Terkadang, bentuk ideal untuk logo Anda belum ada, dan terserah Anda untuk membuatnya dari awal. Itulah mengapa kami merekomendasikan untuk memecahnya menjadi komponen-komponennya yang sederhana, jadi Anda hanya menggunakan bagian yang Anda butuhkan.

 

Cara Membuat Logo 

 

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan tentang apa yang masuk ke dalam logo yang efektif, pertanyaannya adalah, bagaimana Anda membuatnya? Pada dasarnya Anda memiliki dua pilihan: mempekerjakan seseorang untuk mendesainnya untuk Anda atau mendesainnya sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi mari kita periksa keduanya secara individual. 


Mempekerjakan seorang Desainer

 

Desainer profesional hafal semua tips, trik, dan teknik yang telah kami sebutkan di atas, dan kemudian beberapa. Ketika Anda menyewa seorang desainer, freelance atau dari agensi, Anda membeli keahlian mereka sama seperti waktu mereka. 

Masalahnya adalah, tidak ada desainer yang terampil yang bekerja secara gratis. Kelemahan yang paling mencolok dari mempekerjakan seorang desainer adalah biayanya; desainer berbakat mengenakan biaya ratusan atau bahkan ribuan dolar untuk desain logo. 

Kadang-kadang Anda bisa menemukan alternatif yang lebih murah di situs-situs seperti Fiverr, tetapi situs-situs tersebut memiliki catatan buruk untuk memberikan apa yang mereka janjikan, dan ada banyak sekali mantan pengguna Fiverr yang merasa mereka ditipu. Standar industri untuk desain logo adalah sekitar $200, jadi jika seseorang mengenakan biaya $5, Anda berhak untuk curiga. 

Lebih dari itu, bahkan jika Anda memiliki uang untuk disisihkan, bisa jadi sulit untuk menemukan desainer yang tepat untuk Anda. Desain grafis adalah bidang kreatif, jadi ada banyak sekali gaya artistik yang bisa dipilih. Anda harus yakin untuk menemukan seorang desainer yang memahami visi Anda dan mampu menghidupkannya, tetapi itu bisa memakan waktu. 

 

Rancang Logo Anda Sendiri

Pembuat logo Logogenie

Jika Anda tidak memiliki dana cadangan dalam anggaran Anda untuk sebuah logo, jangan putus asa. Meskipun di masa lalu Anda mungkin memiliki pilihan yang terbatas, saat ini teknologi telah maju sehingga hampir semua orang dapat mendesain logo mereka sendiri menggunakan alat desain logo online seperti logogenie. 

Di era digital kita, perangkat lunak desain kurang tentang keterampilan teknis tangan Anda dan lebih banyak tentang ide-ide kreatif Anda. Anda tidak perlu menguasai goresan kuas atau arsiran pensil — Anda bahkan tidak perlu tangan yang mantap. Dengan pembuat logo online, yang Anda butuhkan hanyalah sebuah ide.

Logogenie, dan alat desain online lainnya, menggunakan templat untuk membuat desain dengan cepat dan mudah, bahkan untuk pemula. Pertama, Anda memilih industri Anda dari menu tarik-turun. 


Kami telah mengkategorikan templat-templat kami berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari industri-industri teratas, jadi menemukan industri Anda adalah langkah pertama. Algoritme kami kemudian akan menghasilkan pilihan-pilihan teratas untuk industri Anda. 

 

Cukup pilih salah satu yang Anda sukai dan mulailah mengedit. Anda dapat menyesuaikan setiap templat sesuai keinginan Anda, mempersonalisasi pilihan Anda untuk: 

Gambar utama
Nama dan slogan perusahaan
Font dan tipografi
Skema warna
Ukuran teks dan gambar
Penempatan teks dan gambar
Menambahkan ikon baru
Layering (meletakkan beberapa gambar di belakang atau di depan gambar lainnya)

Anda dapat memilih dari perpustakaan internal kami yang terdiri lebih dari 200 ikon. Sekilas menunjukkan bahwa ada banyak citra intelektual yang kami sebutkan di atas, termasuk pohon dengan daun pelangi, lambang perisai, buku, topi wisuda, dan banyak lagi. 

 

Menggunakan pembuat logo DIY seperti logogenie, Anda bisa membuat logo tingkat profesional hanya dalam hitungan menit. Setelah selesai, Anda bisa membeli semua izin dan lisensi komersial seharga $24,90, yang memberikan logo Anda selamanya. 

Meskipun gaya desain templat bekerja dengan baik untuk pemula, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda mempelajari beberapa dasar-dasar desain grafis sebelumnya. Teruslah membaca blog kami untuk mendapatkan kiat-kiat desain khusus, langsung dari desainer ahli. 

 

Lihat artikel kami yang lain

x