Mulai mendesain logo Anda

Pencetakan letterpress

Diterbitkan: 30/09/2015

Letterpress adalah teknik pencetakan yang berasal dari pertengahan abad XV. Meskipun saat ini pencetakan digital umumnya digunakan sebagai metode utama untuk mencetak, letterpress melihat kelahiran kembali karena nuansa, tekstur, dan efek visualnya yang unik. Namun, kebangkitan ini, berlawanan dengan letterpress’ penggunaan kembali pada hari itu, terlihat dalam seni rupa, alat tulis, acara khusus, dll.

Bagaimana cara kerja letterpress?

Prosesnya pada masa itu mengikuti rutinitas yang sangat ketat, rinci, teliti dan tepat: huruf logam individual dari berbagai font dan ukuran disusun dengan hati-hati dan disatukan untuk membentuk teks yang akan dicetak; setelah itu, tinta diaplikasikan secara menyeluruh di atas huruf-huruf tersebut dan kemudian mereka ’akan siap untuk dicetak dengan menerapkan tekanan. Sebagai alternatif untuk huruf logam individual, sekarang ini digunakan pelat photopolymer, meskipun masih ada pengrajin yang menggunakan cara lama. Pada saat yang sama, sebagai alternatif dari mesin letterpress yang dioperasikan dengan tangan, mesin cetak letterpress otomatis digunakan.  

Tips untuk menciptakan desain yang ramah letterpress:

  • Hindari menggunakan font yang terlalu tipis atau memiliki detail yang halus. Selama proses pencetakan, detail seperti itu bisa hilang, jadi yang terbaik adalah mempertimbangkan untuk tidak menggunakannya.
  • Hindari menggunakan lebih dari 2 atau 3 warna tinta. Menambahkan warna lain sebenarnya berarti memulai seluruh proses pencetakan dari awal lagi; setiap warna mendapatkan pelat dan waktu pencetakannya sendiri, oleh karena itu, harga pasti dipengaruhi oleh jumlah warna yang akan dicetak. Selain itu, hindari tumpang tindih warna.
  • Hindari penggunaan transparansi. Hal ini tidak dapat direproduksi dalam pencetakan letterpress. Baik itu warna yang tersebar merata atau tidak ada warna sama sekali.

Mengapa pencetakan letterpress lebih mahal daripada pencetakan digital?

Meskipun menggunakan pelat polimer dan mesin cetak otomatis, letterpress masih merupakan proses yang sangat kompleks dan memakan waktu. Menyiapkan mesin saja membutuhkan banyak perhatian dan kesabaran. Setiap warna dalam desain mendapatkan pelatnya sendiri dan setiap pelat memerlukan penyetelan, pencucian dan penintaan mesin baru. Stok kartu tebal yang digunakan untuk pencetakan letterpress juga bukan kartu biasa.

Mengapa memilih letterpress?

Produk cetakan letterpress berkualitas tinggi dan mewah; mereka istimewa, mereka memberikan pengalaman visual dan sentuhan yang indah yang akan membuat penerima sulit untuk membuangnya. Di era teknologi ini, ketika semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan informasi kontak adalah ponsel dan kita bahkan mulai mengirim undangan pernikahan melalui email, kertas memang kehilangan pijakan. Namun, pencetakan letterpress datang untuk menunjukkan bahwa objek fisik yang nyata pasti akan meninggalkan kesan abadi yang pasti akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Apa yang ditawarkan Funky Print Studio?

Funky Print studio adalah studio letterpress yang dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga yang berbasis di Bukares, Rumania. Layanan kami meliputi:

  • Pencetakan letterpress (kami mencetak pada kincir angin Heidelberg Platen Asli dari sekitar tahun 1960) - lukisan tepi, sudut membulat, kesan buta, emboss (berlawanan dengan deboss = pencetakan letterpress); kami juga membuat pelat polimer kami sendiri di rumah
  • die cutting - memotong stok kartu dalam bentuk dan ukuran apa pun menggunakan cetakan khusus
  • proses finishing - memotong, melipat, melubangi, mengebor

Kami melakukan yang terbaik untuk menghidupkan kembali mesin antik dan proses pencetakan untuk menciptakan detail mengesankan yang akan dihargai untuk waktu yang lama.

Lihat artikel kami yang lain